UA-51566014-1 Catatan Harian: Karakter Berdasarkan Golongan Darah #JUSTFORFUN

Rabu, 10 Desember 2014

Karakter Berdasarkan Golongan Darah #JUSTFORFUN


Pagi…

Meski ada beberapa hal yang harus dikerjakan hari ini, hujan memaksa saya menunda sejenak rutinitas sebagai pembelajar normal. -Sarapan-ngampus-Hawe-pulang-makan siang- akan dijamak nanti ketika matahari sudah menempati fungsinya sebagai penerang hari. Lagipula ini masih pagi, kawan, andai kau tahu bahwa menulis sebelum memulai aktivitas berat adalah hal yang lebih menyenangkan dari sarapan.

            Oke, karena tidak memiliki topik bermutu (emang kapan tulisan saya pernah bermutu :D), saya pengin menulis apa saja yang bisa ditulis. Salah satunya adalah, yap, sesuai judul: Karakter Berdasarkan Golongan Darah. Tapi yang perlu diperhatikan adalah anda tidak usah percaya. Ingat, percaya sama yang tidak punya pegangan sama halnya membuang-membuang harapan. Tulisan ini tidak berdasarkan penelitian apapun, hanya semacam klasifikasi stereotipe orang-orang bergolongan darah tertentu yang saya kenal. Karena saya sendiri tidak percaya bahwa karakter manusia ditentukan oleh golongan darah. Terdengar seperti omong kosong. Menurut saya, setiap manusia unik dengan caranya masing-masing. Cara yang seharusnya membuat dia tidak perlu berkecil hati dan layak dikagumi.

            So, don’t take it seriously. And check this out:

·         Golongan Darah A

Nah, ini golongan darah favorit saya. Meski belum pernah cek darah, setiap kali ditanya atau mengisi formulir, saya selalu mengidentifikasi diri sebagai manusia bergolongan darah A. Aneh ya. Tapi begitulah.

            A adalah golongan darah yang saya banget. Walaupun ada beberapa yang enggak juga. Jadi? Oke sudah2, fokus.

            Manusia A biasanya orang yang perfeksionis dan idealis. Kehidupan mereka yang sangat terstruktur dan terpetakan oleh rencana, membuat sikap mereka sedikit kaku dan intoleran terhadap sesama. Orang A suka berdiam di zona nyaman, benci basa-basi dan susah move on dari kesenangan-kesenangan pribadi. Kebanyakan dari mereka adalah orang pendiam (pendiam di sini bukan saja yang tidak pernah ngomong atau hobi duduk di pojokan, tapi diam yang suka memendam pendapat demi menghindari debat). Perasaan mereka halus, makanya suka berprasangka dan nggrundel dalam hati.

            Golongan darah A bisa jadi teman baik bagi semua orang. Tapi sifat pemilih membuat mereka cenderung berada di sekitar orang yang bertempramen sama. Dan sstttt… mereka tidak pernah menganggap orang yang dekat dengan mereka adalah best friend. Karena mereka selalu bisa melihat sisi tidak menyenangkan seseorang. Oia, katanya sih manusia A terkenal tenang. Ketika kelompoknya ditimpa masalah, dia akan menanggapinya sebagai hal biasa sesederhana makan nasi. Ini kalau masalah kolektif. Kalau masalah pribadi? Huaahhh, dia bisa sangat kalap dan cenderung menjengkelkan karena memikirkan masalahnya pagi, siang, sore, malam.

            Secara keseluruhan golongan darah A adalah tipe humanis. Mereka senang menolong meski sedikit perhitungan.

·         Golongan Darah B

Manusia B terkenal lugas dan apa adanya. Mereka juga sedikit individualis dengan cara melakukan hal apapun sendirian. Berbeda dengan A yang suka memendam, B justru suka mendebat dan keras kepala jika pendapatnya ditentang. Mereka nyaris mengatakan apapun yang terlintas di otak sehingga kelihatan arogan dan menyakitkan.

            Golongan darah B suka berkomentar, tidak peduli itu dianggap penting atau tidak. Padahal jika mereka bisa sedikit saja memfilter omongan, sebenarnya mereka sangat keren dengan gaya bicara yang meyakinkan. Di kos saya ada 2 manusia bergolongan darah B, dan herannya, mereka adalah dua komentator yang suka bertentangan, debat satu sama lain dan membuat lelah orang lain. Debat sesama golongan darah itu bisa berhenti, jika DAN HANYA JIKA, distop oleh manusia dari luar zona B.

            Orang B sering merasa tidak cocok dengan sesamanya. Mungkin karena sama-sama dominan kali ya. Mereka tipe orang logis dan lugas sehingga bisa mengatakan benar sebagai benar, dan salah sebagai salah. Objektif. Meski ketika mengatakannya, kata-kata mereka tidak disensor dan bikin makan ati. Ati ayam, ati ampela, ati kambing dan ati-ati yang lain. #apasih.

            Sebenarnya, justru karena mereka tipe seadanya, orang B sangat tulus dan tidak berpretensi. Jadi kebalkan hatimu jika bersama mereka. Karena mereka sejatinya teman yang bisa sangat menunjang kamu menuju kemajuan.

·         Golongan Darah O

Nah, ini dia orang paling menarik dari semua tipe golongan darah. Entah itu menarik becak, menarik gerobak atau menarik hati. Entah.

            Manusia O tipe orang supel. Berkat kesupelannya itu, mereka memiliki banyak teman baik yang tulus maupun sekadar memanfaatkan. Mereka berteman dengan siapa saja dan bisa bergabung dengan orang dari berbagai zona. Tidak sulit bagi orang O untuk beradaptasi, karena mereka sendiri punya magnet berupa cara bercerita yang menyenangkan. Tapi sejatinya mereka sering tidak cocok dengan orang, dan hebatnya, nyaris tidak terlihat. #Daebak.

            Tanpa disadari, orang O suka sekali mendominasi. Jujur, ini menjengkelkan. Meski cerita mereka memang menarik, kendali atas alur pembicaraan jarang sekali berpindah ke orang lain. Sudah dibelokkan, balik lagi, dibelokkan kembali lagi. lama-lama bisa jadi membosankan karena porsi lawan bicara untuk didengar sangat sedikit. Kalau mau komunikasi satu arah, kenapa nggak sama tembok aja?!!!

            Kalau diibaratkan sebagai benda, mereka adalah karet pegas yang enerjik dan mudah menyesuaikan diri. Terkadang mereka seperti manusia B yang mengatakan apapun di otaknya, hanya saja, dengan bahasa yang tidak sarkastis. Emosi mereka mudah diterima oleh golongan darah lain, karena gaya marah mereka cuma dua: nangis dan ngomel. Namun kemarahan-kemarahan tersebut tentu saja tidak didepan orangnya langsung. (Hanya orang B yang bisa begitu).

            Menurut saya pribadi, golongan darah O ini tipe yang unik mendekati aneh. Mereka sangat mudah dibaca tapi justru susah memahami dirinya sendiri. Kalau sedang bermasalah, mereka suka bertapa di kamar dan membuat orang sekelilingnya bingung meski sejatinya tahu pasti bahwa ybs sedang bermasalah. Tapi yang menyenangkan adalah luapan emosi mereka seperti saklar yang langsung mati jika ybs sudah memutuskan berhenti. #salut.

            Sebagai sentral, mereka suka diperhatikan. Maka suka membuat hal-hal aneh dan sedikit berisik demi mendapat perhatian. Bahkan, sebagai tipe dominan mereka sering tidak bisa menyaring hal-hal menjadi dua: diceritakan atau tidak pantas diceritakan. Segalanya mengalami fusi di tangan orang O. Sehingga konsekuensinya, rahasia mereka adalah rahasia umum. Ditambah mereka punya kepercayaan diri selangit untuk menunjang itu semua.

·         Golongan Darah AB

Tipe darah ini adalah yang paling unik dan jarang. Sejujurnya saya khawatir karena memiliki karakteristik yang hampir mirip, terutama bila melihat garis genetik yang membuat saya memiliki kans untuk ini. Nanti mau minta darah sama siapa?

Mungkin karena terdiri dari dua huruf A dan B, orang AB terlihat memiliki 2 kepribadian. #ngawur. Sepanjang 21 tahun, di kehidupan sosial saya baru ada 3 yang bergolongan darah ini. Mereka memang sedikit berbeda a.k.a aneh. Orang AB bisa mempertimbangkan sesuatu sangat lama tapi tiba-tiba dibatalkan begitu saja. Karenanya mereka sensitif dan perasa. (kalau tumbuhan mungkin putri malu)

Nah, begitu dulu dari saya. Terlepas dari apapun, percayalah bahwa sebagai manusia kita berasal dari satu golongan darah: merah.

Maka jangan saling membenci karena perbedaan itu anugerah. Selamat melanjutkan aktivitas. Oia, jangan lupa senyum. Because smile is the shortest distance between two peopleJ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar