UA-51566014-1 Catatan Harian

Senin, 12 November 2012

Keburukan Melankolis

Menjadi melankolis merupakan hal yang rumit sekaigus istimewa. Bagaimana tidak, saat orang lain sibuk memikirkan cara berbahagia.. Melankolis justru memikirkan dampak dan penyebab kebahagiaan tersebut dalam hidup mereka kedepannya. Meski kadang terlihat tak memiliki gerakan, dia selalu menggerakan mindset ke arah tujuan.  Lalu kenapa sang melankolis yang kaya ide justru terperosok ke dalam kasta terendah bagi pergaulan? Atau bahasa kasarnya introvert.. berikut kelemahan introvert yang kadang tidak disadarinya:

1. Terlalu Pendiam
Jelas ini cirri melankolis yang tidak bisa diganggu gugat. Mereka sangat tau bahwa diam itu emas (bila sesuai kadar), hingga tidak bisa menenmpatkan kapan harus diam dan kapan waktunya mengeluarkan suara emas.  Bagi melankolis, setiap ucapan harus memenuhi  syarat “penting” untuk diutarakan. Padahala basa-basi adalah hal membosankan paling utama yang diperlukan  oleh interaksi.
2. Tidak Suka Ngomong
Masih berkaitan dengan poin pertama, kebiasaan buruk Melankolis yang sudah mendarah daging. Sulit membuat mereka buka mulut jika tergantung oleh mood.
3. Tidak berinisiatif memulai
Mereka peka dan mengerti betul apa-apa yang harus dijalankan, tetapi sangat enggan memulai. Lebih memilih jadi pengekor ketimbang kepala bagi sebuah pergerakan. (kalau begini terus kapan kalian akan dianggap).
4. Terlalu menilai
Sifat perfeksionisnya yang keterlaluan membuat para melankolis sering ‘galau’ menghadapi pemikiran orang lain terhadap dirinya. Mereka selalu memperhatikan bagaimana penilaian orang, contoh: ketika (baru) akan berinisiatif seorang Melankolis berpikir bagaimana bila ia dikatakan sok tau, sok aktif dan sok-sok yang lain. Munkin ini yang membuat mereka tenggelam dan tersiksa oleh pemikirannya.
5. Benci basa-basi
Tidak pernah ada frasa ‘basi-basi’ dalam kamus hidup melankolis. Mereka tidak suka ngobrolin sesuatu yang gak mutu hanya untuk sekedar ngobrol.  Hal inilah yang sesunggguhnya menancapkan label “introvert” dalam diri mereka. padahal basa-basi penting demi terjalinnya bibit komunikasi yang menjadikan interaksi lalu hubungan hingga berakhir pada persahabatan.
                Demikianlah sekelumit keburukan melankolis. Karena tak ada gading yang tak retak & segala sesuatu memiliki segi positif dan negative, maka episode selanjutnya saya akan membahas kelebihan Melankolis. See you next time:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar